Jumat, 29 Agustus 2014

10 CARA BELAJAR EFEKTIF

1. Ingatlah Tujuan Utama  
   Tujuan utama kita belajar ialah untuk mencari ilmu pengetahuan, bukan hanya untuk memperoleh nilai yang baik dan dapat pujian saja tapi belajar untuk kebesaran jiwa dan bekal kita di masa depan. Ini merupakan cara belajar efektif yang saya gunakan, karena saya yakin ilmu bukan sebatas coretan nilai tapi bagai mana caranya kita bisa berbagi dam bermanfaan untuk sesama.
2. Pilih Waktu yang Tepat Untuk Belajar
    Waktu yang paling tepat adalah pada saat badan kita masih segar, kebanyakan orang biasanya sih pas pagi hari setelah bangun tidur, di samping udara yang kita hirup masih segar, otak kitapun masih fresh sehingga gampang menyerap dalam proses belajar.
 
3. Buat Schedule (Jadwal)
    Buatlah jadwal yang baik dan efektif dalam belajar sehingga tidak mengganggu aktifitas lain. Sisikan waktu bersama keluarga yang secara spiritual, keluarga akan menumbuhkan rasa semangat kita dalam belajar. Disiplin dengan jadwal yang kita buat akan lebih memfokuskan otak kita dan lebih berkonsentrasi dalam belajar sehingga dapat di pastikan akan efektif dan efisien. Selain jadwal yang di tulis tidak lupa saya juga suka menuliskan cita-cita saya sebangai penyemangat (targetan pribadi gito...hehe...).
 
4. Bangun Suasana Nyaman Dalam Belajar
    Carilah tempat yang nyaman dan dapat menenangkan pikiran kita sewaktu belajar, dengan keadaan yang nyaman kita akan lebih mudah dalam memahami materi dan kalau suka musik bisa sambil di dengarkan untuk menambah semangat belajar. Berkonsentrasilah :) 
5. Belajar Sambil Diskusi
  Belajar secara kelompok memang dimaksudkan agar seseorang yang kurang mampu memahami materi bisa berdiskusi dengan orang yang sudah paham. Sehingga pertukaran ide terus berjalan, sehingga semua saling seimbang bagi yang belum mengerti akan jadi mengerti dan bagi yang sudah tau akan lebih paham juga akan merekatkan tali persodaraan yang baik bagi lingkungan belajar.

6. Kembangkan Materi Yang Sudah di Pelajari
    Buatlah beberapa pertanyaan yang belum disertakan dalam soal latihan. Minta tolong guru untuk menjawabnya. Kalau belum puas, cari jawabannya pada buku referensi lain atau internet. Cara ini mengajak kita untuk selalu berpikir ke depan dan kritis. 

7. Mencatat Pokok Materi Pelajaran
  Buatlah Intisari, rangkuman atau ringkasan dari setiap pelajaran yang anda dapatkan baik di sekolah maupun di tempat lain atau lewat belajar kelompok. hal ini akan lebih efisien mengingat intisari atau kesimpulan dari setiap pelajaran yang sudah dibaca ulang ini akan menjadi Kata-kata kunci yang nanti berguna waktu kita menghafalnya ataupun memahaminya.

8. Jangan Pernah Berhenti Mencintai Pelajaran yang Kita Sukai
    Misalnya anda tidak bisa dalam kimia, namun anda suka dan sangat mencintai pelajaran kimia tersebut, maka jangan berhenti nenyukai dan cinta terhadaptnya karena sesuatu yang dilakukan sepenuh hati akan menghasilkan hasil yang memuaskan. Maka dengan rasa suka dan kecintaan itu, suatu saat itu akan menjadikan anda seorang kimiawan hebat. Jika sekarang tidak bisa tapi anda mempelajarinya setiap waktu karena rasa suka dan kecintaan anda, tunggu dan yakinlah hingga mimpi indah yang anda inginkan tiba.

9. Jangan Takut Gagal
    Gagal adalah teman kita, jadi jangan pernah menjauh darinya. Ketika kita terjatuh, itu semua untuk apa? supaya kita tahu bagaimana caranya untuk bangun kembali. Kita tidak akan pernah tahu nikmatnya keberhasilan jika kita tidak mengenak kesalahan dulu. Sesulit apaun materi yang kita hadapi, pasti akan bisa kita kuasai asal tidak ada kata menyerah  dalam memahaminya. Cobalah terus, gagal sudah biasa. jadi Ayo Semangat..:)

10. Sediakan Waktu Untuk Istirahat
      Selalu jaga kesehatan karna itu penting buat kita supaya kita bisa terus belajar dan belajar. Istirahat yang cukup, makanan yang sehat dan olah raga yang cukup sangat di perlukan dalam proses belajar. Jadi usahakan jangan sampe sakit ya supaya kita tidak ketinggalan...

Jadi, silahkan ciptakan cara belajarmu yang menurutmu paling baik..

1 komentar: